Gerinda tangan ialah salah satu alat yang paling kerap diterapkan dalam progres produksi metalworking. Mesin gerinda tangan akan betul-betul berguna sekiranya diterapkan layak dengan prosedur yang aman. Jika metode aman menerapkannya tak dipenuhi, risiko yang akan timbul betul-betul besar sebab alat ini mengaplikasikan prinsip putaran mesin yang tinggi. Nah, untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja dikala mengoperasikan mesin gerinda tangan, ada bagusnya meniru standar prosedur pengaplikasian mesin gerinda tangan.

Peralatan Keamanan Pribadi
Sebelum mengaplikasikan mesin gerinda tangan, gunakanlah kelengkapan pengaman pribadi. Hampir seluruh cedera imbas kecelakaan pengaplikasian mesin gerinda tangan ialah mengenai kepala. Sebab itu pakailah pelindung kepala yang full-face dan transparan untuk meminimalisir risiko cedera parah. Usahakan sebaiknya rambut tak panjang, sekiranya memang panjang, ikat kebelakan dan dimasukkan ke dalam topi.

Gunakan alat penutup alat pendengaran untuk mengurangi bunyi berisik dikala cara kerja mengaplikasikan mesin gerinda tangan. Usahakan mengaplikasikan alat penutup alat pendengaran yang telah terstandarisasi secara teknis dan medis untuk mengurangi bunyi berisik yang bisa didengar alat pendengaran manusia.

Pakai sarung tangan yang menutupi seluruh komponen tangan. Pastikan sarung tangan yang digunakan nyaman dan Anda konsisten bisa dengan kencang meraba tombol OFF disaat yang dibutuhkan.

Inspeksi Mesin Gerinda Tangan
Kecuali persiapan pengamanan pribadi, hal yang perlu dikerjakan ialah pemeriksaan mesin itu sendiri. Pastikan jack cable terpasang dengan total pada berhenti kontak. Jika mengaplikasikan terminal berhenti kontak gunakanlah berhenti kontak dengan dudukan berbentuk lingkaran pada masing-masing berhenti kontaknya.
Sama seperti alat listrik lainnya, mesin gerinda juga berisiko mengalami korsleting sekiranya arus listrik mengalir dengan tak total.

Sesuaikan batu gerinda yang akan digunakan. Pemakaian batu gerinda yang salah juga bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin. Dan bukan cuma mesin rusak, risiko cedera juga akan meningkat.
Batu gerinda yang diterapkan juga patut dalam keadaan bagus atau prima. Periksa keadaan gerinda patut dalam wujud yang simetris. Jika batu gerinda asimetris akan mengakibatkan pecah pada putaran tinggi.

 

Baca Juga : Pompa Air