Lokasi tempat kesenian Storyhouse di Chester, Inggris, yang merupakan perluasan dari bioskop 1930an yang direnovasi, dan dirancang oleh Bennetts Associates.

Harga ACP – Generasi baru bangunan teater dengan gaya arsitektur yang penuh karakter dan unik mulai bermunculan, menggantikan konsep ‘kotak hitam’ yang netral.

Pada abad 20, timbul bermacam-macam eksperimen radikal dalam desain teater.

Sutradara teater tenar seperti Tyrone Guthrie dan Zelda Fichlander mulai menolak gaya pentas yang seperti pigura gambar, dan bahkan mengambil ide dari pentas wujud melingkar atau pentas yang terangkat ke atas dan mencuat dari bawah aula seperti zaman Yunani dan Romawi Kuno.

Pada 1970an, sutradara Peter Brook merubah tata tertib soal teater dan mementaskan drama di desa-desa Afrika, tambang, dan teater tua yang kaya atmosfer, Thetre des Bouffes du Nord di Paris, di mana ia sempat mengambil alih selama sebagian dekade semenjak 1974 bersama produser Prancis, Micheline Rozan.

Tapi pada 1960an dan 1970an, timbul juga popularitas teater kotak hitam yang ultra-minimalis.

Warna hitam dibayangkan sebagai latar yang netral dan gampang diubahsuaikan ke bermacam-macam produksi yang berbeda.

Desain hitam yang kontras dan minimal dianggap sebagai pedoman ketajaman intelektual, dan netralitasnya dianggap sebagai simbol bahwa teater sebagai sesuatu yang menarik secara universal.

Mungkin ketika itu, langkah untuk ‘menghitamkan’ teater dianggap avant-garde, tetapi sekarang banyak arsitek modern dan konsultan teater yang menganggap desain kotak hitam itu terlalu polos dan mengurangi skor.

Dan sebagai balasannya, sekarang timbul teater-teater baru dengan gaya yang unik, pun maksimalis.

Banyak teater yang meniru gaya Brook, mengambil daerah di gedung-gedung tua yang penuh karakter, kata Gavin Green, salah satu pendiri konsultansi teater dan akustik Charcoalblue, yang sudah bekerjasama dengan arsitek di daerah-daerah seperti St Ann’s Warehouse dan The Ronald O Perelman Performing Arts Center in New York, Storyhouse di Chester dan Young Vic di London.

Yang terakhir, diperbarui pada 2004 bersama dengan Howarth Tompkins Architects, dianggap sebagai figur bagus bagaimana teater yang diperbarui dapat meningkatkan fleksibilitas (ada ruang penampilan ketiga yang ditambahkan di situ).

 

Baca Juga : Harga Aluminium Composite Panel