Foto: iStock

Karbon Aktif – Makanan berwarna hitam masih semakin populer. Kecuali mengaplikasikan tinta cumi dan arang aktif, sekarang warna hitam dapat dijadikan dari campuran sekam kelapa.

Sebagian makanan seperti es krim, mie sampai perawatan kulit memanfaatkan arang aktif sebagai campurannya. Selama ini, kita mengenal activated charcoal atau arang aktif sebagai obat pencahar racun bulat dan berbentuk tablet.

Activated charcoal tak beraroma dan tak punya rasa. Umunya arang aktif terbuat dari kayu, bambu, kulit gandum, dan tempurung kelapa yang dihaluskan, dipanaskan, dan dioksidasi.

Tak mengaplikasikan kayu, rupanya ada versi lain dari bubuk hitam ini. Untuk menjadikan produk yang lebih sehat, arang aktif ini dijadikan dari sekam kelapa.

Ada dua metode untuk membikin arang aktif ini. Pertama, dengan melibatkan sekam dalam udara yang sungguh-sungguh panas untuk membakar gas berlebih sehingga menjadikan wujud karbon aktif yang murni. Dan metode lainnya yaitu dengan mencampurkan karbon dengan bahan kimia tertentu yang diaktifkan pada temperatur yang rendah ketimbang cara yang pertama.

Hal ini dikarenakan energi serapnya yang tinggi dapat saja zat-zat nutrisi yang berkhasiat bagi tubuh juga akan terbuang. Kecuali dapat dijadikan campuran makanan, arang aktif ini juga dapat diwujudkan sebagai masker wajah untuk mengangkat kotoran yang terselip dalam pori-pori wajah.

 

Baca Juga : Aktif Karbon