Light Pipe Daur Ulang, Solusi Murah Penerang Rumah

Jasa Epoxy Lantai – Light pipe (pipa sinar) ialah salah satu solusi untuk pencahayaan natural di permukiman padat atau daerah yang susah menerima sinar sang surya. Untuk membeli light pipe, seseorang patut mengeluarkan tarif jutaan rupiah.

Tetapi, mahasiswa Arsitektur Universitas Kristen Petra ini punya solusi untuk membikin light pipe dengan harga yang sungguh-sungguh relatif murah. Temuan light pipe daur ulang itu menerima hibah dari Kementrian Riset Teknologi dan Pengajaran Tinggi (Kemenristekdikti) melewati Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada permulaan Juni yang lalu.

Dengan judul “Light Pipe Daur Ulang: Solusi Ekonomis Pencahayaan Natural untuk Pemukiman Padat, inspirasi temuan yang dilakukan oleh Elisabeth Kathryn, Chefania, Samantha Isabela Ongkowijoyo, dan Andrew Laksmana ini sukses menerima hibah sebesar 8,5 juta rupiah.

Elisabeth membeberkan bahwa bahan yang dipakai untuk membikin light pipe sungguh-sungguh gampang diperoleh dan dilakukan. Cukup dengan mangkok kaca sebagai receiver sang surya, kaleng bekas kemasan biskuit, dan kaca yang dilapisi stiker buram sebagai diffuser sinar.

Lem antar kaleng mengaplikasikan perekat epoxy, walaupun lem mangkok dan kaca mengaplikasikan silicon sealant. Kecuali itu, alat yang diperlukan ialah pemotong tutup kaleng. Kaleng bekas yang dipakai ialah kaleng standard berdiameter 15 cm dan jumlahnya tergantung dari jarak tinggi antara plafon dengan atapnya.

“Ukuran kalengnya disesuaikan saja sama plafonnya, kian besar diameternya kian baik pencahayaannya,” kata Elisabeth.

Tidak cuma gampang dihasilkan dan mempunyai harga relatif murah, pengerjaan perawatan light pipe ini bahkan cukup gampang. “Untuk perawatan cukup membersihkan mangkok kacanya dan diffusernya setiap 1 tahun sekali dan mengatur situasi perekatnya. Untuk kaleng dilapisi dengan cat waterproof agar lebih bendung lama,” pungkas Elisabeth. – Epoxy Lantai